4 Alasan Mengapa Harus Memiliki Asuransi Perjalanan Selama Liburan

Asuransi perjalanan menjadi suatu hal yang harus dilakukan namun kerap kali diabaikan. Asuransi memang biaya tambahan yang dapat menambah pengeluaran anda, namun tanpa anda sadari sebenarnya ketika anda menolak membeli asuransi maka anda sedang membuka pintu selebar-lebarnya untuk bencana datang ke hadapan anda. Mengapa begitu? Karena tanpa adanya asuransi, maka ketika ada kejadian buruk yang menimpa anda, anda tidak akan mendapatkan perlindungan ataupun bantuan dari siapapun, dalam hal ini terkait biaya pengobatan. Ketika mengalami hal buruk yang mengharuskan anda mendapatkan perawatan di rumah sakit, tentu biaya yang dikeluarkan tidaklah murah. Tanpa asuransi, membayar biaya perawatan tersebut akan terasa sangat berat. Uang yang sudah anda tabung dari lama, yang seharusnya anda gunakan untuk berlibur malah digunakan untuk membiayai pengobatan anda di kota asing.

Jarang sekali orang-orang yang menganggap asuransi perjalanan sebagai hal yang penting dan memasukkannya dalam budget perjalanan. Asuransi baru terasa penting setelah bencana buruk datang di kota ataupun negara asing. Situasi-situasi darurat yang mengharuskan anda untuk membatalkan segala rencana liburan dan secepat mungkin kembali ke kota asal.

Apakah alasan-alasan yang telah disebutkan di atas masih kurang untuk menggugah hati anda agar membeli asuransi perjalanan? Berikut akan dijelaskan alasan-alasan mengapa anda harus membeli asuransi untuk perjalanan anda terutama bagi anda yang bepergian jauh dari kota asal seperti ke luar negeri.

  1. Biaya medis
    Asuransi biasa yang anda miliki ketika anda berada di luar negeri tidak akan terlalu berpengaruh bahkan ada kemungkinan tidak dapat dipakai karena asuransi tersebut biasanya hanya dapat digunakan di dalam negeri karena pihak asuransi tidak bekerja sama dengan rumah sakit yang ada di luar negeri. Namun apabila anda menggunakan asuransi khusus untuk liburan anda, maka anda tidak perlu khawatir terkait biaya yang harus anda tanggung. Anda pun dengan mudah menemukan rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi.
  2. Liburan batal
    Karena adanya bencana alam, kondisi cuaca yang tidak menentu ataupun karena hal lainnya, terkadang perjalanan harus dibatalkan. Misalnya saja karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk pesawat lepas landas pada hari itu, penerbangan terpaksa harus dibatalkan. Hal tersebut adalah suatu mimpi buruk bagi anda yang sedang berlibur. Dengan asuransi perjalanan maka anda bisa mendapatkan kompensasi ketika maskapai anda melakukan pembatalan penerbangan. Salah satunya adalah anda bisa mendapatkan kompensasi berupa menginap gratis satu malam di hotel-hotel yang bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut. Hal ini tentu sangat membantu anda, apalagi biaya penginapan tidaklah murah terutama ketika anda tidak melakukan pembookingan hotel sejak lama.
  3. Bagasi hilang
    Bagasi yang hilang sering sekali terjadi, bahkan hilang di bandara internasional dan dihilangkan oleh maskapai besar. Bisa jadi koper anda memang hilang, tertinggal atau tertukar dengan koper milik orang lain. Pihak maskapai bisa membantu mencarikan koper anda yang hilang, namun tidak ada jaminan jika koper anda akan kembali. Adanya asuransi akan membantu meringankan beban anda karena anda dapat mengajukan klaim kehilangan koper kepada pihak asuransi. Anda bisa mendapatkan ganti rugi dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan peraturan dari pihak asuransi.
  4.  Ketinggalan pesawat
    Kondisi jalan yang macet menuju bandara sering menjadi alasan utama mengapa seseorang ketinggalan pesawat. Ketika ketinggalan pesawat, mau tidak mau anda harus rela bila tiket pesawat anda hangus. Akan tetapi, dengan asuransi perjalanan, kerugian yang anda tanggung tidak akan sebesar apabila anda tidak menggunakan asuransi. Jangan khawatir, karena bila pun anda terpaksa menghanguskan tiket karena kondisi yang tidak dapat dihindari, anda tidak akan merasa kecewa ataupun sakit hati akibat tiket pesawat terbuang sia-sia.

Resiko perjalanan apapun yang tidak bisa ditebak oleh siapapun dapat diminimalisir sehingga liburan anda terasa menyenangkan. Anda tidak perlu berpikir hingga pusing akibat hal-hal yang tidak dapat anda cegah, karena memang tidak ada yang bisa melihat masa depan, tidak ada yang tahu bila kedepannya terjadi bencana tidak menyenangkan yang menimpa anda. Biaya-biaya yang harus anda keluarkan, sebagian atau bahkan seluruhnya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Polis asuransi akan memberikan berbagai manfaat yang akan menjamin kenyamanan anda dan keluarga selama liburan karena memang itulah tujuan dari asuransi tersebut. Tidak ada asuransi yang dibuat untuk menjerumuskan kliennya. Paket asuransi apapun yang anda pilih akan memberikan manfaat kepada anda. Namun jangan sampai lupa untuk mencari tahu segala informasi terkait asuransi yang akan anda pilih. Jangan sampai anda membeli asuransi seperti mengambil kucing dalam karung, membeli asuransi tanpa tahu manfaat yang anda dapatkan dan persyaratan yang harus penuhi agar dapat mengajukan klaim.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *