5 Fakta Unik Kenapa Efek Rumah Kaca Band selalu Memukau Audiensi

Dengan nama yang cukup unik, Efek Rumah Kaca Band selalu tampil prima di segala podium. Tidak peduli apakah mereka manggung di stage mini ataupun besar. Beruntung sekali kalau kamu jadi bagian dari penggemar mereka. Jarang-jarang lho, ada grup musik yang tidak pilih-pilih. Kira-kira kenapa ya kok mereka selalu tampil totalitas dan powerful?

  1. Saling Mengingatkan lewat Lirikan Mata

Rahasia mereka tampil prima juga berdasarkan intensitas lirikan mereka. Jadi pendeknya, ketika mereka manggung, kalau ada yang lupa itu langsung diingatkan oleh yang lainnya. Tidak ada istilah bermain musik sendiri-sendiri. Mereka tumbuh bersama, maka saat berjuang di panggung yang sama juga harus tampil prima bersama-sama.

Seakan-akan mereka tidak kehilangan energi sama sekali. Atas rasa persaudaraan dan persahabatan antar anggota band, kekompakan itu juga tercermin lewat lagu dan gestur mereka di panggung. Nyaris mayoritas musisi itu pernah mengalami loss control saat berdiri di hadapan para penggemarnya. Nah, Efek Rumah Kaca tidak mau hal itu terjadi.

  1. Punya Kebiasaan Latihan Keras Jelang Manggung

Latihan keras di sini tidak sama dengan poin pertama. Selain stamina yang kuat, sebuah grup musik harus tampil serba memuaskan para penggemarnya. Jadi Efek Rumah Kaca selalu punya senjata andalan ketika pertama menyapa para audiensi hingga konser berakhir. Kalau kamu penggemar Efek Rumah Kaca sejak tahun 2001 pasti hapal dengan kegigihan mereka.

Mau manggung di pentas lokal, ataupun internasional, mereka selalu memberikan porsi penampilan yang sama. Bagi Cholil dkk., Efek Rumah Kaca harus bisa menginspirasi banyak orang sejak ketukan pertama. Meskipun mereka lahir dan besar dari band indie, tetapi kualitas musiknya saat manggung tidak kalah dengan band-band mayor di Indonesia.

  1. Teliti Mengecek Setelan Sound Check

Untuk skala pentas musik, kehadiran sound check juga ikut menyumbang kualitas suara yang dihasilkan. Cholil dkk. paham betul masalah ini. Jadi, ketika jam manggung belum dimulai, mereka selalu mengecek setelan sound check. Tidak hanya 90% bagus, tetapi harus 100% bagus alias sempurna. Soalnya penampilan mereka akan disuguhkan di depan penggemar.

Minimal, antara output musik hasil keluaran dapur rekaman dengan yang aslinya tidak beda-beda jauh. Kan banyak tuh musik yang disetel lewat kaset suaranya bagus, mantap, seakan tanpa cela. Tapi begitu manggung, alamak! Mirip itik yang lagi disembelih. Efek Rumah Kaca tidak mau hal semacam itu menimpa jalur karir panggung mereka.

  1. Semangat Menggelorakan Musik Indie

Efek Rumah Kaca hingga saat ini masih keukeuh berpegang pada musik indie. Seakan jadi identitasnya, kemandirian itu justru membuat mereka lebih kreatif saat manggung. Berbeda dengan band yang dari belakang sudah disponsori oleh pihak tertentu. Kebanyakan tidak akan tampil all out karena merasa telah didanai. Bagi Efek Rumah Kaca, musik itu harus totalitas!

  1. Mendapatkan banyak sekali penghargaan

Ada banyak sekali penghargaan yang di dapatkan oleh efek rumah kaca band, beberapa di antaranya yaitu memperoleh ¬†gelar Rookie of the Year dari majalah yang cukup ternama di Indonesia yaitu majalah Rolling Stone Indonesia, selain itu juga memperoleh piala The Best Cutting Edge dari MTV Indonesia, dan pada tahun 2008 lagu mereka yang berjudul ¬†“Cinta Melulu” dinominasikan sebagai Karya Produksi Alternative Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia tahun 2008. Kemudian pada tahun 2009, kembali lagi mereka dengan judul “Di Udara” dan “Cinta Melulu” termasuk ke dalam daftar 150 buah Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa.

Nah, itulah 5 fakta tentang Efek Rumah Kaca Band yang selalu tampil habis-habisan saat manggung. Buat kamu penggemar Efek Rumah Kaca Band sejati, pernahkah terlintas untuk ngefans ke grup musik lain? Pasti rata-rata tidak ada. Soalnya kualitas dari ERK band ini memang sudah teruji luar dalam.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *