5 Masalah yang Sering Terjadi Pada AC Rumah

Memiliki AC pada ruangan rumah Anda memang sangat penting. Terlebih jika suhu udara di luar ruangan meningkat sangat tinggi alias panas. Jika musim panas tiba, tak heran bila orang berbondong-bondong ingin masuk ke ruangan dingin yang dapat menyejukkan suasana. Ketika AC rumah Anda rusak atau tidak bekerja secara maksimal, jangan terburu-buru untuk menghubungi jasa tukang service ac bekasi. Dibalik masalah pada AC Anda ternyata ada solusi mudah yang dapat Anda lakukan untuk membenarkan pendingin ruangan Anda. Itu akan menghemat waktu dan  biaya. Berikut adalah 5 masalah yang sering terjadi pada AC Anda, beserta dengan solusi ampuh untuk membantu Anda memperbaikinya. Yuk, simak!

AC tidak bekerja sama sekali

Jika AC Anda tidak dapat nyala atau tidak bekerja alias mati sama sekali, periksalah termostat baterai. Jika baterai mati, sebagiknya mengganti dengan yang baru. Jika baterai masih bagus namun tetap tidak bisa menyala, pastikan termostat berada di cooling mode atau Anda bisa mengatur suhu atau temperatur dalamm ruangan. Jika Anda sudah melakukan segala cara, namun AC tidak bekerja juga, maka segera hubungi jasa tukang sevice. Jangan sekali-kali berani untuk membongkar AC sendiri, karena ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Nyala, namun AC tidak dingin

Ada beberapa faktor yang dapat membuat AC tidak dingin. Salah taunya bisa disebabkan ketika ruangan Anda benar-benar terasa panas, sehingga AC pun tidak mampu bekerja secara maksimal untuk mendinginkan ruangan. Ada baiknya lakukan pencucian pada filter AC sebulan sekali. Pastikan juga bahwa pengaturan termostat terpasang dengan baik. Periksa juga keadaan pendingin ruangan Anda terbebas dari debu, kotoran dan jamur. AC yang kotor dapat membuat AC mengeluarkan udara yang tidak dingin.

AC bocor

Jika AC anda mengeluarkan air dari celah-celah ac, bisa jadi AC Anda mengalami kebocoran yang dialami oleh putusnya kabel pvc Anda. Pendingin ruangan yang bocor dapat juga disebabkan oleh pembuangan saluran yang tidak berfungsi. Pembuangan yang tersumbat akan menyebabkan pipa terasa hangat dan menyebabkan es terbentuk di atas koil and air menetes.

AC mengeluarkan suara berisik

Pendingin ruangan yang mengeluarkan bunyi berisik bisa terjadi karena blower pada mesin pendingin Anda mengalami gangguan. Anda bisa memberikan sedikit oli pada mesin. Inilah cara praktis yang bisa Anda lakukan sebagai solusi pendingin ruangan Anda yang mengeluarkan suara berisik. Jika suara pada AC Anda tidak kunjung berhenti, ada baiknya Anda mematikan pendingin ruangan Anda dan memanggil jasa tukang service ac. Karena bisa jadi, AC Anda mengalami masalah yang serius pada bagian mesin tersebut.

AC mengeluarkan udara panas

Terlalu panas suasana di luar atau dalam ruangan membuat AC tidak bekerja secara maksimal. Jika unit AC outdoor Anda berada di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari langsung akan membuat pendingin ruangan bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Solusi terbaik untuk pendingin ruangan Anda yaitu dengan menaruh unit outdoor di tempat yang teduh. Atau Anda juga bisa memberikan pelindung seperti terpal untuk unit outdoor AC Anda.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada pendingin ruangan Anda. Solusi terbaik untuk AC Anda agar terawat dan panjang penggunannya yaitu dengan memperhatikan serta mengenali masalah dan solusi penanggulangan yang terjadi pada unit AC Anda. Sebelum membeli AC, ada baiknya perhatikan garansi atau jaminan yang tersedia pada sebuah produk AC. Jika saat pemakaian mengalami hal yang tidak beres dengan AC Anda, segera hubungi jasa tukang service ac bekasi. Dengan begitu, Anda ikut serta dalam mencegah timbulnya kerusakaan yang lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *