Aplikasi Kartu E-toll untuk Semua Gerbang Tol di Indonesia

Kartu e-toll yang kini sedang booming dipakai oleh para pengguna jalan. Kartu ini memberikan banyak manfaat untuk para pengguna jalan toll. Diantaranya adalah membuat pengguna jalan toll tidak terkena macet lagi.

Selain itu, pengguna jalan tol tidak akan mendapatkan uang kembalian yang selisih banyak atau tidak sesuai, tidak lagi lama mengantri, dan tidak mendapatkan uang palsu. Masalah ini sepele sepertinya, namun jika sudah dirasakan sendiri akan sangat menjengkelkan. Seakan malas menggunakan jalan tol lagi. Apalagi hal seperti ini tidak terjadi sekali dua kali, akhirnya saat masuk jalan tol pun banyak keresahan yang menghantui.

Dengan menggunakan kartu elektronik pembayaran di gerbang tol, pengguna jalan tol akan lebih cepat dalam bertransaksi di gerbang jalan tol. Mengingat selama ini masyarakat sering mengeluhkan layanan di jalan tol, maka dengan penggunaan kartu elektronik ini benar-benar lebih memudahkan dan menjadi kebijakan yang tepat sasaran.

Munculnya kartu elektronik untuk pembayaran di jalan tol ini adalah realisasi dari program GTO. Aplikasinya pun cukup mudah karena sudah ada mesin pendukungnya. Para pengguna jalan tol hanya butuh menempelkan kartunya itu di mesin yang tersedia. Mesin akan membaca identitas dan memproses transaksi yang kita lakukan. Saldo dalam kartu e-toll akan terpotong otomatis, tidak kurang dan tidak lebih.

Dalam aplikasinya, perlu diingat bahwa:

  • BI lah yang meresmikan penggunaan sistem Gerbang Tol Online pada tanggal 31 Oktober 2017 serentak di seluruh Indonesia, bukan PT Jasa Marga seperti yang belakangan ramai dibahas.
  • BI lah pemrakarsa dari munculnya ide kebijakan Sistem Gerbang Tol Online ini melalui program GNNT nya.
  • BI lah yang mengkoordinir pelaksanaan sistem Gerbang Toll Online ini dengan menggunakan kartu pembayaran elektronik. BI mengkoordinir seluruh operator jalan di Indonesia, salah satunya adalah PT Jasa Marga.
  • BI yang mendapatkan keuntungan dari diberlakukannya sistem Gerbang Tol Online ini. Karena akan menyukseskan program GNNTnya.
  • Program GNNT BI ini memiliki Milestone yang terdiri dari dari 22 operator jalan tol Indonesia yang akan membantu merealisasikan pelaksanaan program kartu elektronik gerbang toll ini.
  • Bank Indonesia bekerja sama dengan pemerintah untuk mengesahkan sistem Gerbang Tol Indonesia.

Penggunaan kartu e-toll ini memang benar-benar menguntungkan bagi masyarakat pengguna jalan tol di Indonesia. Tidak perlu mengeluarkan uang tunai lagi. Cukup mengeluarkan kartu elektronik, maka transaksi pembayaran akan lebih mudah, cepat, dan praktis. Dengan begitu perjalanan akan lancar dan bisa sampai tempat tujuan tepat waktu.

Sebenarnya dengan kemunculan kartu e-toll ini juga merupakan bentuk kecanggihan teknologi dan kemajuan jaman. Walaupun begitu, dalam penerapannya, masyarakat juga harus tahu bahwa BI adalah pemilik kebijakan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *