Chocolate Hills, Tempat Melihat Pemandangan Ter-Epic di FIlipina

Asia Tenggara alias ASEAN adalah destinasi yang sangat disukai turis dari berbagai negara. Hampir semua negara di ASEAN di anugrahi pemandangan alam yang sangat menawan. Selain Indonesia, ASEAN juga dihuni oleh negara lain dengan pemandangan alam yang tak kalah indahnya, salah satunya Filipina  Negara yang berada di utara Indonesia ini punya bentang alam yang cantik. Mulai dari lautan biru yang dipenuhi aneka jenis biota laut, sampai daratan yang penuh dengan hal-hal menakjubkan bisa dinikmati di sini. Jadi kalau kamu sedang merencanakan untuk liburan di kawasan ASEAN selain Indonesia, tidak ada salahnya segera buka aplikasi booking hotel termurah dan arahkan aplikasi mu untuk memesan hotel di Filipina.

Di negara kepulauan ini, ada satu tempat dengan pemandangan yang sangat epic dan sulit ditemukan di negara lain. Namanya adalah Chocolatte Hills, yang berada di provinsi Bohol. Untuk sampai ke kawasan ini, kamu perlu mencari travel dari Manila untuk melanjutkan perjalanan melalui darat dan laut ke provinsi Bohol yang terletak di arah tenggara Manila. Setelah sampai di Bohol, kamu bisa melihat bukit coklat ini dari kawasan Carmen yang merupakan view point favorit para wisatawan, Batuan, dan Sagbayan. Chocolatte Hills akan sangat mudah ditemui karena sudah jadi destinasi wisata populer di Filipina, bahkan sering dianggap sebagai ikon pariwisata di Bohol.

Namun, jangan membayang kan kalau Chocolatte Hills ini adalah kawasan yang ditumbuhi tanaman coklat seperti namanya. Apalagi kalau sampai membayangkan kawasan ini sebagai negeri coklat seperti yang ada dalam film berjudul ‘Charlie and The Chocolatte Factory’. Karena faktanya, Chocolatte Hills adalah sebuah kawasan vegetasi. Hanya saja, di sana berdiri sekitar 1.200 sampai 1.700 bukit berbentuk kubah setinggi 30-120 meter yang berwarna coklat,

Bukit yang bentuknya menyerupai mangkuk terbalik itu ditumbuhi berbagai jenis vegetasi, terutama rerumputan seperti Imperata Cylindrica dan Saccharum Spontaneum. Di musim kemarau, rerumputan ini akan mengering dan warnanya pun berubah menjadi kecoklatan. Inilah sebabnya bukit ini disebut Chocolatte Hills. Bukit kering berwarna kecoklatan yang timbul secara tersebar di lahan yang dipenuhi vegetasi hijau nan rindang ini pun menyuguhkan pemandangan yang epic. Makanya, musim kemarau jadi waktu terbaik untuk mengunjungi Chocolatte Hills. Sedangkan di musim hujan, bukit tersebut akan terlihat lebih hijau. Meskipun begitu, pemandangan di Chocolatte Hills tetaplah menawan.

Di balik keindahannya, tempat yang sudah didaftarkan sebagai salah satu warisan dunia UNESCO ini pun menyimpan legenda menarik yang dipercaya oleh penduduk setempat. Menurut kabar yang beredar, dahulu kala ada seorang raksasa bernama Arogo yang jatuh cinta kepada seorang manusia biasa bernama Aloya. Sayang, Arogo terpaksa harus kehilangan Aloya selama-lamanya yang wafat beberapa waktu kemudian. Arogo pun mengalami kesedihan yang sangat mendalam. Sebagai ekspresi dari penderitaannya, raksasa tersebut tak pernah berhenti menangis. Tetesan air matanya pun menghujani kawasan ini dan saat mengering berubah membentuk Chocolatte Hills seperti yang terlihat sekarang.

Ada juga sumber yang mengatakan kalau Chocolatte Hills terbentuk akibat perkelahian antara 2 raksasa. Dalam perkelahian tersebut, mereka saling melempar batu yang akhirnya membentuk ribuan bukit berwarna kecoklatan. Lalu, masih ada beberapa legenda lain di balik keindahan Chocolatte Hils yang kebernarannya masih sulit untuk dibuktikan.

Sedangkan secara teoritis, para ahli geologi berpendapat kalau bukit-bukit yang terbentuk di Chocolatte Hills adalah akibat proses alam yang terjadi dalam waktu yang sangat lama. Menurut mereka, bukit coklat tersebut berasal dari gundukan kapur yang secara terus menerus terkena air hujan, erosi, sampai aktivitas tektonik hingga akhirnya nampak seperti sekarang.

Sayang, Filipina sempat diguncang gempa dengan kekuatan 7,2 skalarichter pada 15 Oktober 2013. Bohol pun jadi salah satu kawasan yang mengalami kerusakan terbesar. Dampaknya, Chocolatte Hills sempat mengalami sedikit kerusakan. Namun setelahnya, pemerintah Filipina terus berupaya untuk mengembalikan Chocolatte Hills agar pulih seperti semula karena tempat ini adalah aset pariwisata yang sangat berharga bagi Filipina.

Sekarang, Chocolatte Hills tetaplah destinasi wisata yang menawan dengan pemandangan yang sangat epic danInstagenic. Pesona yang dihadirkan tetap tidak luntuk meskipun pernah mengalami gempa. Jadi ayo liburan ke Filipina karena selain Chocolatte Hills, masih ada tempat lain yang tak kalah mengagumkan seperti Palawan, Cebu, Vigan, Bataan, Coron, dan masih banyak lagi.

Tapi jangan lupa, download aplikasi booking hotel termurah agar kamu bisa mendapatkan penginapan termurah dan nyaman yang ada di Filipina. Lalu dapatkan berbagai diskon hotel  di reservasi.com.

Reservasi.com adalah aplikasi booking hotel termurah yang akan sangat menbantu dalam setiap perjalanan. Selain diskon hotel di reservasi.com, kamu juga bisa mendapat penerbangan domesti atau internasional dari berbagai maskapai dengan penawaran harga terbaik.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *