Ini 7 Perlengkapan Liburan Yang Nggak Boleh Kamu Lupakan

Menjelang akhir tahun nanti tentunya kamu nggak ketinggalan untuk mengagendakan liburan bersama keluarga, teman sekolah ataupun teman-teman komunitasmu. Entah itu untuk berekreasi ke pantai, seru-seruan ke hutan, atau bahkan berpetualang ke puncak bukit atau gunung lokasi wisata. Catat saja, bulan Desember nanti ada 4 hari libur. Yang paling panjang adalah Natal yang disambung dengan cuti bersama. Nah, kemana pun tujuanmu berwisata, 7 perlengkapan liburan ini nggak boleh kamu lupakan. Pastikan nanti mengecek perlengkapanmu.

  1. Pakaian Luar Dan Dalam

Tentu ini bagian yang wajib. Kamu harus sudah bisa memperkirakan nantinya butuh berapa banyak baju dan ganti. Jangan terlalu banyak, tapi juga jangan terlalu sempit. Perhitungkan saja dengan lamanya liburanmu nanti. Secukupnya dan seminimal mungkin supaya koper atau tasmu nggak terlalu berat. Soalnya masih ada perlengkapan liburan lainnya yang juga nggak boleh kamu lupakan.

Perhatikan juga kemana tujuan liburanmu. Kalau sekiranya di tempat tujuan nanti hawanya dingin, maka jangan lupakan jaket dan perlengkapan penghangat. Pakaian dalam biasanya harus ganti setiap harinya agar nyaman, jadi untuk ini bisa kamu perbanyak.

  1. Perlengkapan Mandi Terpenting Saja

Seperti halnya baju, perlangkapan mandi juga harus kamu bawa ketika liburan. Tetapi bawalah yang pokok-pokok saja. Tentunya alat pokok seperti sabun, shampoo, odol/pasta gigi juga tak boleh tertinggal. Ingat, yang pokok saja. Nggak perlu lah kamu bawa semua perlengkapan kecantikan. Ribet nantinya.

  1. Sandal Jepit

Liburan memakai sepatu terus sebenarnya juga nggak apa-apa. Namun kamu akan merasa lebih nyaman kalau juga membawa sandal jepit. Alas kaki segala kelas ini akan sangat berguna saat kamu perlu ke toilet, menggantikan sepatu karena kaki sudah lecet dan seterusnya.

  1. Untuk Yang Praktis Namun Muat Banyak, Tas lipat Jawabannya

Tas lipat ini bentuknya muat banyak, namun bisa dilipat sehingga menyesuaikan barang, merupakan benda yang berguna dalam perjalananmu. Agar tidak terlalu repot dengan bawa ini itu, bawa saja tas lipat. Saat dibutuhkan untuk memperluas ruangnya, tas ini bisa dibuka lebih besar. Praktis kan?

  1. Obat P3K

P3k sebaiknya sudah tersedia dalam barang bawaanmu. Paling lecet kalau tersandung di jalan, tergores duri di perjalanan mendaki dan sebagainya. Jadi jangan lupa bawa obat-obatan ringan sejak berangkat.

  1. Gadget Buat Dokumentasikan Moment-mu

Untuk urusan dokumentasi bisa dengan smartphone/ponsel dan kamera. Namun kalau kamu merasa kurang puas dengan hasil jepretan kamera ponsel, maka bawalah kamera DSLR ataupun mirrorless yang cocok untuk traveling. Dua jenis kamera ini punya keunggulan masing-masing untuk menghasilkan gambar maupun video yang bagus. Keduanya sama-sama lagi ngetrend. Jadi jangan ketinggalan.

Masih pemula? Atau takut harganya yang mahal. Tenang… ada kok kamera mirrorless yang nyaman untuk pemula. Buat yang suka DSLR tapi takut dengan harganya yang mahal, ada kok kamera DSLR yang harganya di bawah 1 juta. Maksimal 1 juta lah. ┬áMau lebih hemat? Sewa saja kamera.

Nah, kalau sudah membawa salah satu dari kamera maupun smartphone, maka jangan lupa membawa power bank dan charger universal-nya sekalian. Tentu nggak ingin saat-saat indahmu terlewatkan hanya karena kehabisan daya ponsel ataupun kamera digitalmu bukan?

  1. Dokumen Yang Dibutuhkan

Tergantung kemana tujuan wisatamu. Kalau masih lingkup dalam negeri saja, maka jangan lupa membawa kartu identias seperti KTP, SIM maupun ATM ataupun kartu kredit. Siapa tahu kan bisa ambil uang di perjalanannya nanti jika dibutuhkan. Kalau tujuanmu adalah lokasi di luar negeri, maka pasport jadi barang wajib yang harus kamu bawa.

Nah, periksalah selalu sebelum berangkat, apakah 7 perlengkapan liburan bersama rekan maupun keluarga yang saya sebutkan di atas sudah tersedia? Oke, selamat berlibur, jangan lupa jaga diri dan jaga lingkungan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *