Inilah Cara Mudah Membuat Ruang Tamu Lebih Berwarna!

Berbicara tentang hunian, artinya Anda membicarakan tentang desain dan dekorasi interior di seluruh bagian rumah Anda, tidak terkecuali bagian ruang tamu. Ruangan paling pertama terlihat oleh siapapun yang masuk kedalam rumah Anda ini seakan menjadi bagian penyambut di rumah Anda. Misalnya ketika Anda pulang kerja dan merasa lelah, lalu Anda melihat ruang tamu Anda indah dan rapi, tentu terbesit di hati Anda untuk sekadar merebahkan diri di sofa, dan melepas penat seusai bekerja seharian penuh. Tidak hanya untuk diri Anda sendiri, ruang tamu yang tertata rapi juga dapat membuat para tamu betah berlama-lama singgah di rumah Anda.

Di kota metropolitan seperti Jakarta, memiliki desain rumah yang indah, minimalis dan futuristik bukanlah sebuah pilihan. Hal ini terbukti dengan adanya begitu banyak jasa interior design Jakarta yang tersebar di seluruh penjuru ibu kota. Namun, salah satu masalah yang kerap muncul ketika sedang merencanakan desain interior yang nyaman dan indah adalah biaya.

Banyak yang berpikir bahwa memiliki interior yang indah berarti harus mengeluarkan begitu banyak uang, sehingga beberapa orang tidak begitu memperhatikan aspek ini karena dianggap tidak penting dan hanya sebagai sebuah pemborosan saja. Padahal tidak juga. Nyatanya, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mentransformasi ruang tamu Anda menjadi lebih indah dan berwarna, lho! Inilah tips-tipsnya untuk Anda.

  1. Cat dengan warna cerah di satu sisi dinding

Perlu Anda ketahui betapa pentingnya focal point dalam sebuah ruangan. Sebuah ruang tamu yang memiliki elemen magnet yang menarik perhatian orang-orang akan tampak lebih unik dan indah.

Elemen-elemen yang dijadikan focal point in berbeda-beda sesuai dengan selera masing-masing orang, namun cara termudah adalah dengan memainkan unsur warna, seperti mengecat salah satu dinding ruang tamu dengan warna yang kontras dengan palet warna ruang tamu secara keseluruhan.

Satu sisi dinding yang dicat dengan warna berbeda dapat menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Hal ini juga dapat menjadi opsi penentuan focal point tanpa harus Anda melakukan proyek dekorasi besar-besaran. Anda dapat memilih warna untuk salah satu dinding Anda ini dengan menyesuaikan warna ter-bold dari furnitur-furnitur yang digunakan di dalam ruang tamu.

  1. Taruh beberapa bantal

Selain bermain dengan warna dinding, hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruang tamu Anda tampak lebih berwarna adalah dengan menaruh beberapa bantal kursi atau sofa. Tinggalkan kebiasaan menggunakan bantal dengan warna senada atau malah sama dengan warna furnitur karena akan hanya akan membuat ruang tamu tampak semakin monoton. Bereksperimen lah dengan warna-warna terang dan cerah untuk bantal-bantal di ruang tamu.

  1. Taruh tanaman sebagai pajangan

Tanaman hijau dan bunga-bungaan memiliki begitu banyak manfaat ketika ditaruh di ruang tamu, seperti memberikan aroma segar dan menambah warna di ruang tamu Anda.

Jika Anda merasa tanaman hijau terlalu merepotkan untuk ditaruh di dalam ruangan karena harus selalu diairi setiap hari, pilih tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan yang terlalu rutin dan sulit.Anda dapat mencari inspirasi tanaman indoor dari berbagai sumber di internet atau majalah, Anda pun juga dapat meminta rekomendasi dari tukang tanaman. Pilih yang berukuran kecil saja, tidak perlu harus yang besar dan berat.

  1. Gunakan cermin

Cermin sering digunakan dalam berbagai jenis ruang tamu untuk menimbulkan ilusi optik sehingga ruangan akan tampak dua kali lebih besar dari yang sebenarnya. Jika Anda ingin membuat ruang tamu kecil Anda tampak lebih besar, maka pasang lah cermin yang berukuran cukup besar di salah satu sisi dinding yang kosong. Dengan begitu, dinding tersebut tidak akan tampak polos dan membosankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *