Jet Pump yang Tepat untuk Kebutuhan Rumah Anda

Tidak bisa dipungkiri kebutuhan air itu sama halnya kebutuhan listrik, walaupun air bisa didapatkan melalui lingkungan atau alam tentunya juga akan masanya untuk habis. Tapi tahukah Anda alat yang digunakan untuk menarik air dari dalam tanah dan akhirnya bisa digunakan? itulah alat yang disebut dengan jet pump atau pompa air. Berbeda dengan orang jaman dahulu yang masih menggunakan sumur dan mengambilnya secara manual. Tetapi untuk sekarang ini hampir semua rumah di perkotaan menggunakan alat tersebut sebagai pengaliran air setiap harinya.

Bagi Anda yang membutuhkan alat tersebut tidak perlu susah payah mencari karena alat tersebut sudah tersedia dalam situs jual beli online. Karena penjual berbagai alat rumah tangga ataupun bangunan juga tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan kemunculan e-commerce dalam mengembangkan bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Jenis pompa air sendiri beragam dari yang pompa air dangkal, pompa air sedang hingga pompa air dalam.

Anda dalam melakukan pemilihan pompa yang sesuai untuk rumah juga tidak bisa sembarang, harus menggunakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini beberapa hal tersebut, antara lain:

1.    Perhatikan kedalam air.

Pertama Anda harus mengukur dulu permukaan air dari permukaan tanah dimana pompa akan dipasang. Terkadang konsumen yang mencari jenis pompa air salah menginformasikan kedalaman permukaan air, karena terkadang yang diberikan itu bukan kedalaman permukaan air melainkan kedalaman sumur. Kemungkinan saja bisa Anda menanamkan sampai 30 m walaupun permukaan air yang Anda miliki hanya dengan kedalaman 2 m.

2.    Pilih jenis pompa yang tepat.

Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa jenis pompa air banyak dari mulai yang dangkal sampai dengan yang dalam. Bila Anda mempunyai sumur dengan kedalaman permukaan air lebih dari 7 meter bisa memilih jenis jet pump dangkat, tetapijikakedalaman lebih dari 7 meter dan maksimal 9 meter bisa memilih standar. Dan kedalaman yang lebih dari 9 meter pastikan Anda memilih jenis pompa air yang dalam. Dengan memilih jenis pompa air ini berarti Anda harus menyiapkan sumur yang mempunyai diameter minimal 4 meter.

3.    Spesifikasi pompa.

Setiap pompa air mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi dari performa atau hasil dari daya hisap pompa. Misalnya permukaan air lebih dari 9 meter tetapi menggunakan jenis pompa dangkal tentusajadayahisapnyatidakakansempurna, bisa jadi Anda mendapatkan air dalam 1 jam hanya 1 liter. Makanya liat spesifikasi yang tepat supaya air yang Anda butuhkan selalu dapat terpenuhi dengan baik.

4.    Perhatikan voltase.

Tidak boleh ketinggalan juga memilih pompa air yang cocok dengan voltase yang ada dirumah Anda.

5.    Sesuaikan daya listrik dan kedalaman.

Selanjutnya Anda juga harus menentukan besar daya listrik yang dibutuhkan, untuk pompa air dangkal dapat menggunakan listrik berdaya 125 watt sedangkan yang semi dalam bisa menggunakan dalam listrik daya 250 watt. Hal ini bukan berarti lebih besar dayanya akan lebih baik daya hisap airnya, itu berarti Anda juga harus memperhatikan spesifikasi pompa airnya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan pompa air, sebenarnya masih ada hal lainnya yang penting seperti perhatikan debit per jam yang bisa menghasilkan, pompa dengan suara yang tidak mengganggu, budget Anda dalam lainnya. Tetapi yang pasti pilih jet pump yang sesuai dengan kebutuhan keseharian Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *