Langkah-Langkah Memilih Jasa Print Kain yang Berkualitas

Print kain mengacu pada penciptaan desain dan pola yang indah pada permukaan tekstil. Tapi sebenarnya cetak kain itu tidak semudah yang dibayangkan. Sangat sulit untuk mencapai presisi dan kesempurnaan dan warna cepat tahan lama pada permukaan kain. Dalam proses produksi tekstil, pencetakan pola samless pattern dan desain agaknya ada pada tahap akhir. Proses pencetakan kelihatannya cukup sederhana.

Pencampuran warna atau pigmen haruslah tepat dan sesuai dengan komposisinya, terlebih saat ini print kain batik. Namun, para pekerja profesional pastilah tahu bagaimana membuat pekerjaannya rapi, motif kain sesuai yang diharapkan dan semuanya sempurna. Dijaman modern ini, Anda tak perlu khawatir kalau ingin mencetak kain, cukup kunjungi marketplace desain cetak kain seperti fullprint.id. Berikut proses cetak kain!

Proses Pencetakan

Pencetakan atau print kain menerapkan pola dan desain berwarna untuk menghias kain. Dengan kain cetakan yang tepat, warnanya ditempelkan pada serat, sehingga tidak terpengaruh oleh pencucian dan gesekan. Pada kain cetak, garis besar desain didefinisikan dengan tajam di sisi luar. Desainnya umumnya tidak tembus ke bagian belakang kain. Namun, desain mungkin muncul di sisi sebaliknya pada kain tipis transparan.

Kain tipis mungkin akan membingungkan Anda dalam mencari mana sisi luar dan dalamnya. Pewarna yang digunakan untuk pencetakan kebanyakan meliputi warna vat, reaktif, naphthol dan dispersi yang memiliki sifat tahan luntur yang baik. Pigmen, yang sebenarnya bukan pewarna, tapi juga digunakan secara luas untuk print kain. Warna-warna ini menempel pada serat melalui resin yang sangat tahan terhadap pencucian atau drycleaning.

Pigmen adalah salah satu warna yang paling cepat dikenal dan efektif untuk nuansa cahaya sampai medium. Jika digunakan untuk mengaplikasikan warna gelap juga bisa dan harus dicampur. Untuk cat cetak katun, pewarna reaktif umumnya digunakan. Sutra biasanya dicetak dengan warna asam. Wol dicetak dengan pewarna asam atau krom tapi sebelum dicetak, diolah dengan klorin agar lebih mudah menerima warna. Serat buatan umumnya dicetak dengan pewarna dispersi dan kationik.

Tapi, Anda takkan memikirkan hal itu karena sekarang markeplace desain bisa memenuhi apa yang Anda inginkan untuk pencetakan kain yang tepat. Apakah Anda ingin seamless pattern, motif kain sederhana atau juga batik. Tinggal sebutkan saja desain dan motif yang Anda inginkan pada Full Print. Nantinya semua masalah pencetakan cepat bisa diselesaikan dengan mudah. Anda hanya perlu menunggu sesuai waktu yang diinginkan.

Cara Pesan Print Kain di Marketplace Desain

Bila Anda ingin memesan cetak kain di marketplace desain, biasanya sudah ada pilihan pola dan jenis kain. Pilihlah terlebih dahulu, setelah menentukan langsung lakukan pemesanan. Caranya pun sangat mudah, ikuti saja petunjuk dari FullPrint.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *