Untuk Ibu Melancarkan Asi Dengan Pola Makan Yang baik

Pola Makan untuk Melancarkan ASI

Menurut dr. Juwalita Surapsari MGizi, Sp.GK, pada dasarnya tidak ada makanan khusus yang bisa membuat produksi ASI lebih lancar. Yang terpenting adalah konsumsi makanan ibu harus bergizi seimbang, termasuk cukup minum air putih.

Dalam hal nutrisi, dr. Juwalita mengingatkan pentingnya asupan kalori tambahan karena ibu yang menyusui sering merasa lapar dan haus.

Dalam buku Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang disebutkan, bila sebelum menyusui kebutuhan energi dan protein wanita usia 19-29 tahun sekitar 1.900 kalori dan 50 gram perhari, maka pada waktu menyusui kebutuhannya meningkat menjadi 2.400 kalori dan 67 gram protein perhari pada semester satu, serta 2.450 kalori dan 67 gram per hari saat bayi usia 6-12 bulan.

Demikian juga dengan kebutuhan zat-zat gizi lain, akan meningkat selama menyusui. Kebutuhan lemak ibu menyusui disesuaikan dengan kebutuhan energi, yaitu seperlima dari total kebutuhan energi. Itu sebabnya porsi makan, khususnya sumber karbohidrat harus lebih banyak.

“Asupan kalori tambahan itu bisa didapat dari kombinasi karbohidrat dan lemak. Selain itu juga perlu mengombinasikan dengan pemenuhan protein hewani. Sebab asam amino dalam protein ini lebih lengkap. Protein perlu ditambah dalam dua porsi makan, yaitu makan siang dan makan malam,” kata dr. Juwalita.