4 Cara Menghadapi Masalah Keuangan Akibat Penyakit Kritis

Kesehatan menjadi salah satu hal penting dalam hidup yang terkadang tidak dapat diprediksi, hari ini sehat, besok bisa saja tiba-tiba sakit. Oleh karena itu, sebagian orang ada yang memilih untuk melakukan berbagai antisipasi sebagai pengamanan apabila sewaktu-waktu tubuh sakit. Terutama dalam hal keuangan atau biaya berobat. Bukan hal asing, jika di negara kita kesehatan terasa begitu mahal bagi sebagian orang, khususnya kalangan menengah ke bawah yang pendapatannya tidak pasti. Dapat dibayangkan bagaimana jika mereka ada orang miskin yang mengidap penyakit kritis? Pastinya beban hidup jadi semakin berat.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna menghadapi masalah keuangan untuk kesehatan, seperti berikut ini:

  • Siapkan Tabungan

Cara yang pertama yang bisa dilakukan sebagai upaya jaga-jaga jika perlu dana berobat adalah dengan menabung atau menyisihkan sebagian pendapatan/gaji. Apalagi, jika memang sudah diketahui mengidap suatu penyakit kritis. Tentu, biaya pengobatan yang dibutuhkan tidak sedikit, mulai dari biaya pemeriksaan, beli obat, transportasi menuju rumRumah sSakit, biaya rawat inap dan lainnya. Jika memiliki tabungan uang, pastinya tidak terlalu pusing dengan biaya kesehatan yang harus dikeluarkan.

  • Ikut Asuransi

Saat ini, selain ada asuransi kesehatan juga tersedia asuransi penyakit kritis yang bisa dipilih untuk digunakan khusus bagi penderita penyakit yang termasuk dalam golongan penyakit kritis. Adanya asuransi semacam ini, menjadi sebuah solusi yang layak dipertimbangkan bagi mereka yang perlu biaya pengobatan namun dananya terbatas.

  • Manfaatkan Layanan Nirlaba

Untuk sebagian jenis penyakit kritis, ada sebuah yayasan khusus yang biasanya siap membantu, sebut saja seperti penyakit kanker. Adanya Yayasan Kanker Indonesia yang merupakan sebuah kelompok nirlaba yang mana didirikan untuk membantu siapa saja yang terkena penyakit kanker, menjadi semacam angin segar bagi pengidap kanker yang perlu bantuan. Beberapa bantuan yang bisa diperolah dari yayasan kanker seperti layanan konsultasi, penginapan, penanganan stres hingga santunan berupa biaya berobat yang biasanya berasal dari donator.

  • Coba Pengobatan Alternatif

Jika setelah melakukan pengobatan secara medis, hasilnya belum memuaskan, maka penderita penyakit kritis dapat mencoba pengobatan lain seperti pengobatan alternatif. Ada banyak jenis pengobatan alternatif yang bisa dipilih, salah satunya adalah pengobatan herbal atau alami. Sebagian layanan pengobatan alternatif ada yang memasang tarif cukup murah bahkan gratis sehingga cara ini juga dapat digolongkan sebagai upaya penanganan terhadap penyakit kritis yang mudah dan murah. Namun, lakukan riset yang mendalam terlebih dahulu mengenai cara pengobatan yang satu ini.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *