Begini Cara Melakukan Pengajuan Kartu Kredit agar Cepat Diterima

Membuat kartu kredit untuk pertama kali bisa dibilang susah-susah gampang. Meskipun memiliki penghasilan yang cukup namun belum tentu pengajuan akan diterima oleh bank. Pada umumnya bank akan memprioritaskan orang-orang yang sudah memiliki kartu kredit sebelumnya untuk melakukan evaluasi kredit, namun bagi Anda yang belum pernah memiliki kartu kredit berikut beberapa tips agar pengajuan kartu kredit cepat diterima.

Memilih Bank yang Tepat

Beberapa bank dikenal lebih ketat dalam menerbitkan kartu kredit pertama, apalagi bank itu adalah bank milik pemerintah. Namun, tak perlu panik masih ada bank penerbit kartu kredit yang lebih ramah untuk Anda jadikan pilihan ketika ingin membuat kartu kredit.

Memilih bank tempat Anda menabung untuk membuat kartu kredit memang tidak menjadi syarat pokok. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa bank akan mempertimbangkan hal itu. Hal ini akan mempermudah bank untuk melihat alur kas tabungan Anda. Jadi, kemungkinan kartu kredit Anda diterima akan lebih tinggi.

Isi Formulir dengan Tepat

Setelah Anda melakukan pengajuan kartu kredit pada bank pilihan Anda, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah mengisi beberapa pertanyaan di formulir yang diajukan. Pastikan bahwa Anda mengisi formulir ini dengan lengkap dan benar. Data yang Anda input harus merupakan data pribadi, dan identitas sesuai dengan KTP.

Biasanya bank akan melakukan penolakan karena pihak bank menemukan adanya ketidaksesuaian pada data pribadi yang Anda isi. Pihak bank akan memastikan bahwa data yang Anda isi merupakan data yang benar.

Kelengkapan Dokumen

Tidak hanya formulir, ada beberapa syarat yang harus Anda perhatikan dengan detail seperti usia harus 21 tahun, berkewarganegaraan WNI atau WNA dan Anda tidak harus memiliki kartu kredit sebelumnya. Jangan sampai ada dokumen yang terlupakan saat Anda membuat kartu kredit oleh sebab itu sebaiknya persiapkan dokumen sejak awal dan susun dengan rapi.

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu kredit adalah fotocopy KTP atau KITAS, bukti penghasilan atau slip gaji bagi karyawan dan profesional, fotocopy rekening tabungan minimal dua bulan terakhir untuk wirausaha., NPWP, dan fotocopy akta pendirian usaha atau SIUP untuk wirausaha.

Memiliki Riwayat Keuangan Baik

Sebelum membuat kartu kredit, Anda juga harus memastikan bahwa riwayat keuangan Anda terutama riwayat kredit baik. Walaupun sebelumnya Anda tidak memiliki kartu kredit namun mungkin saja Anda pernah memiliki kredit motor, smartphone atau sebagainya.

Pihak bank akan selalu memeriksa riwayat keuangan Anda sebelum menyetujui permohonan kartu kredit, bank juga akan mengecek apakah Anda masuk ke blacklist Bank Indonesia atau tidak. Sebelum Anda melakukan permohonan kartu kredit pastikan dahulu semua utang-utang Anda sudah lunas atau tidak macet dalam melakukan cicilan.

Pilihlah Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya sebelum membuat kartu kredit pikirkan terlebih dahulu tujuan Anda menggunakan kartu kredit untuk apa. Pilihlah kartu kredit sesuai dengan kebutuhan Anda. Bank memiliki beberapa jenis kartu kredit yang berbeda ada silver, gold dan platinum. Fitur poin, cashback, reward dan bunga yang diberikan setiap bank juga berbeda tergantung jenis kartunya,

Lakukan perbandingan dengan teliti sebelum menentukan jenis kartu kredit untuk mendapatkan kartu kredit sesuai dengan kemampuan dan keuangan Anda. Hal ini karena setiap kartu kredit memiliki jenis tanggungan yang berbeda, semakin tinggi jenis kartu kredit maka akan semakin tinggi dalam membayar tagihan.

Coba Ajukan Kredit yang Ditawarkan di Mall

Selain di bank, Anda juga bisa mencoba mengajukan permohonan kredit di Mall. Permohonan kartu kredit di Mall biasanya lebih mudah dan potensi disetujui lebih tinggi. Penilaian bank atas pengunjung Mall yang konsumtif biasanya menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan untuk layak mendapatkan kartu kredit.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar pengajuan kartu kredit diterima. Kartu kredit memang bukan barang yang harus Anda miliki namun terkadang dibutuhkan disaat tertentu, oleh karena itu tidak ada salahnya Anda membuat kartu kredit. Jika ingin membuat kartu kredit Anda bisa mengunjungi website hsbc.co.id.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *