Berikut Hal-Hal yang Membatalkan Puasa yang Harus Anda Ketahui

Kalau kita tengah menjalani ibadah puasa maka kita perlu mengetahui apa saja hal yang akan membuat puasa kita batal. Ada beberapa hal yang masih menjadi pro dan kontra terkait hal-hal yang membatalkan puasa. Apa saja kira-kira hal yang membatalkan puasa? Anda bisa membaca artikel tentang hal ini di Umma Ramadhan

Makan dan Minum dengan Sengaja

Ketika kita berpuasa salah satu pantangannya adalah makan dan minum. Jika secara sengaja kita makan atau minum makan puasa kita akan batal. Kalau sudah makan maka kita tidak puasa lagi, akan tetapi jika hal tersebut dilakukan secara tidak sengaja maka itu tidak akan membatalkan puasa. Itu semua membatalkan ketika dengan sengaja dilakukan.

Berenang

Dalam artikel Umma Ramadhan disebutkan bahwa saat berpuasa memang harus menahan haus, tapi ada beberapa dari kita yang memilih untuk berenang agar menambah kesegaran. Walaupun ini agak rancu, berenang ditakutkan akan membuat kita meminum air yang ada di kolam. Walaupun bisa dibilang tidak sengaja, tapi proses kita masuk ke dalam kolam itu merupakan kesengajaan.

Banyak pendapat mengenai hal ini, tetapi alangkah baiknya kita berhati-hati. Akan lebih baik menghindari hal-hal yang sifatnya belum jelas semacam ini. Boleh saja berenang asal sesudah berbuka. Nah, daripada kita merasa kesal karena tidak jadi berenang lebih baik kita menyiapkan menu untuk berbuka puasa nanti.

Merokok

Sejak dahulu kita sudah mengetahui bahwa merokok itu membatalkan puasa. Kita tidak perlu ambil pusing lagi, sebab merokok pasti akan membatalkan puasa. Maka dari itu, kita tidak boleh menghisap rokok atau vape ataupun hal-hal semacamnya. Secara tidak langsung kita akan mengkonsumsi zat yang terkandung dalam rokok ataupun vape.

Hal tersebut tentu membuat puasa kita akan batal. Seperti kita sadari merokok adalah proses memasukan zat kimia melalui cara dihirup. Tentu saja cara itu secara langsung akan membuat puasa kita batal karena kita memasukan zat lain. Model seperti vape juga tidak jauh berbeda, sebab metodenya sama saja yakni memasukan zat lain kedalam tubuh melalui proses evaporasi.

Muntah Secara Sengaja

Meskipun kita masih heran sebenarnya siapa yang akan muntah disengaja? Mungkin ada beberapa orang yang memilih melakukan itu demi tujuan tertentu. Akan tetapi hal yang perlu kita ketahui adalah ketika kita muntah secara sengaja maka puasanya akan batal. Maka dari itu lebih baik kita tidak melakukan muntah secara sengaja.

Selain tidak memiliki manfaat muntah disengaja juga akan menyiksa diri kita sendiri. Akan membatalkan puasa sekaligus membuat perut kita merasa tidak enak. Memang kelakuan-kelakuan aneh seperti ini terkadang dilakukan oleh beberapa orang untuk tujuan tertentu. Apabila muntah tidak disengaja pun bisa dibilang bahwa puasanya akan batal.

Datang Bulan (Menstruasi)

Salah satu hal yang akan membatalkan puasa lainya yaitu mens. Ketika seorang wanita mengalami menstruasi saat itulah orang tersebut akan dilarang melakukan ibadah. Biasanya menstruasi akan memakan waktu selama 7 hari. Untuk itu kita perlu sadari bahwa biasanya wanita tidak menjalankan ibadah puasa selama seminggu atau lebih.

Semua itu dilakukan karena adanya siklus menstruasi. Pada wanita hamil tidak akan mengalami menstruasi. Tetapi wanita hamil juga diperbolehkan untuk tidak puasa dalam beberapa kondisi tertentu. Kalau mau bicara soal menstruasi, maka kita juga perlu melihat siklus biologis perempuan. Terkadang beberapa wanita memiliki siklus yang lebih pendek dari lainya.

Nah, itulah beberapa hal yang membuat puasa kita batal. Kalau kita ingin ibadah puasa kita sempurna maka kita hindari hal-hal yang bisa membatalkan. Seluruh hal tersebut dapat kita hindari kecuali menstruasi yang memang sudah menjadi hal yang pasti terjadi. Kalau anda ingin membaca artikel Umma Ramadhan lainnya Anda bisa membuka website umma.com. 

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *