Butuh Asuransi yang Terpercaya? Ini Kriterianya

Asuransi sebuah usaha yang perlu dilakukan jika Anda membutuhkannya untuk berbagai kebutuhan. Ada asuransi kesehatan, jiwa, rumah, dan sebagainya. Saat Anda mendaftarkan diri menjadi peserta maka akan diberikan nomor polis asuransi. Namun, cermatlah dalam memilih asuransi. Ini kriteria asuransi yang terpercaya untuk menjadi pertimbangan Anda.

  1. Aset atau Kondisi Keuangan

Langkah yang utama dengan melihat aset dari perusahaan asuransi tersebut. Ini akan menjadi gambaran bagaimana kondisi perusahaan selama memberikan asuransi. Anda bisa melihat dari gedung yang digunakan, kantor cabang, atau aset lainnya yang ada di bagian website perusahaan.

Kondisi keuangan dari perusahaan asuransi akan sejalan dengan asetnya. Cara lain mengetahuinya dengan melihat neraca keuangan. Biasanya kondisi ini akan diumumkan di koran atau media cetak. Anda bisa melihatnya dengan jelas untuk bisa menjadi bahan pertimbangan saat mencari asuransi yang terpercaya.

  1. Pelayanan yang Diberikan

Terpercaya atau tidaknya sebuah asuransi dapat Anda lihat dari pelayanan yang diberikan. Penilaian ini bisa dilakukan dengan mudah ketika mendatangi kantornya dan bertemu dengan customer service dari pihak asuransi. Kesan yang Anda dapatkan di awal pertemuan akan menjadi gambaran bagaimana SDM dari asuransi tersebut memberikan pelayanannya.

 Penilaian pelayanan ini juga dapat dilihat dari proses klaim yang diajukan oleh pemegang polis asuransi. Anda bisa mengetahuinya lewat media sosial atau pun menanyakannya pada kerabat yang sudah menggunakan asuransi. Kecepatan pelayanan yang Anda terima juga menjadi salah satu bentuk pelayanan dari asuransi.

  1. Premi yang Ditawarkan

Terpercaya atau tidaknya sebuah perusahaan asuransi juga harus memenuhi kriteria premi yang ditawarkan terjangkau atau masuk akal. Terjangkau dalam artinya tidak terlalu besar dan sesuai dengan manfaat yang didapatkan. Anda bisa memilih asuransi ini karena sesuai dengan standar asuransi.

Waspada perlu dilakukan ketika ada tawaran asuransi dengan premi yang tidak masuk akal. Artinya preminya hanya sedikit tetapi ditawarkan banyak sekali manfaat. Anda harus hati-hati karena bisa saja hanya berupa tipu muslihat. Jadi jangan langsung percaya harus dicari tahu terlebih dahulu.

  1. Reputasi dari Perusahaan

Selanjutnya adalah penting untuk Anda mengetahui reputasi dari perusahaan asuransi yang akan diikuti. Reputasi ini akan mencerminkan kondisi asli sebuah perusahaan dapat dipercaya atau tidak. Anda bisa mengetahuinya dengan searching di internet. Jangan sampai memilih perusahaan asuransi yang sudah banyak mendapatkan kritik negatif.

  1. Mitra yang Bekerja Sama

Terpercaya atau tidaknya sebuah asuransi juga bisa dilihat dari mitra yang bekerja sama. Mitra ini yaitu klinik atau rumah sakit jika asuransi kesehatan. Pada asuransi kendaraan yang akan menjadi mitranya adalah bengkel atau jasa servis kendaraan.

Penting sekali untuk Anda menanyakan di mana saja mitra ini ada atau apa saja pilihannya. Mitra yang ada ini perlu diketahui bagaimana pelayanannya. Anda membutuhkan semacam testimoni atau pun pendapat seseorang untuk melihat kualitas dari sebuah asuransi.

Disarankan Anda untuk memilih asuransi dengan mitra yang banyak. Daftar mitra ini biasanya akan diberitahu saat datang pertama kali untuk bisa mendaftarkan diri untuk menjadi pemegang polis. Jika reputasi mitranya sudah jelek sebaiknya Anda mencari asuransi lainnya.

Polis asuransi hanya boleh digunakan oleh yang bersangkutan. Tidak bisa digunakan oleh pihak lain karena ada kartu yang melampirkan nomor id dan identitas si pemegang polis. Anda tidak perlu bingung karena bisa menanyakan hal teknis pada customer service. Tanyakan dengan detail semua informasi yang diperlukan agar Anda memahami dengan baik.

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *