Cara Mengurus STNK Hilang sesuai Aturan Berlaku

Saat menggunakan kendaraan penting untuk Anda memiliki surat-surat yang lengkap agar dapat melakukan perjalanan dengan aman. STNK merupakan surat yang penting dibawa selama melakukan perjalanan. Jika Anda kehilangan STNK, ini cara mengurus STNK hilang sesuai aturan berlaku.

  1. Surat Laporan Kehilangan

Ketika Anda menyadari STNK telah hilang tanpa mengetahui posisi kehilangannya atau pun hilang karena dompet dicuri maka segera lapor. Fungsi dari laporan yang dilakukan untuk menjadi syarat pengurusan STNK yang hilang nantinya. Anda bisa memilih membuatnya di kantor polisi terdekat.

  1. Menyiapkan Berkas Administrasi

Cara mengurus STNK hilang setelah surat laporan kehilangan adalah menyiapkan berkas administrasi yang diperlukan untuk pengurusan. Anda perlu menyiapkan KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopinya. Lalu memberikan fotokopi STNK yang hilang, maka penting sekali saat STNK ada Anda memfotokopinya sebagai arsip.

Sewaktu-waktu diperlukan tidak kerepotan lagi untuk menyediakannya. Berkas lainnya adalah melampirkan surat kehilangan STNK yang telah diurus di Polsek atau pun Polres terdekat. Saat pembuatan STNK yang baru lampirkan BPKB asli dan  fotokopi.

Jika posisi motor atau kendaraan sedang di gadaikan, mintalah surat keterangan pengurusan STNK dari pihak yang bersangkutan. Anda akan membawa surat itu sebagai bukti bahwa BPKB-nya sedang dalam penyitakan. Tidak sulit untuk meminta surat ini karena sudah menjadi sebuah keharusan.

  1. Pergi ke SAMSAT

Setelah semua berkas yang dibutuhkan sudah tersiapkan, cara selanjutnya dengan membawa semua berkas ke SAMSAT. Usahakan untuk pergi di pagi hari agar antrean tidak terlalu panjang. Sistem satu pintu membuat Anda harus sabar mengantri dalam pengurusan ini.

  1. Cek Fisik Kendaraan

Sesampai di SAMSAT mengambil nomor antrean, bawalah kendaraan ke bagian cek fisiknya. Kendaraan yang akan dibuatkan STNK baru karena hilang akan dicek bagian nomor rangka dan mesin. Ini juga berkas yang nanti disatukan dengan berkas lainnya. Anda memberikan hasil cek yang asli dan melakukan fotokopi satu rangkap untuk diserahkan. Penting juga untuk menyimpan satu fotokopiannya sebagai arsip.

  1. Cek Status Blokir

Setelah melakukan cek fisik kendaraan, Anda perlu membawa hasil ceknya untuk dilakukan cek status blokir. Tujuannya untuk memastikan kendaraan tidak dalam status diblokir atau dalam tahap pencarian. Ini untuk membuat kondisi aman tanpa ada pihak tidak bertanggung jawab yang melaporkan kendaraan tersebut sebagai miliknya.

  1. Formulir Pendaftaran

Setelah semua berkas ini siap, Anda bisa kembali ke bagian registrasi pengurusan. Melihat nomor sudah terpanggil atau belum. Sembari menunggu, silakan untuk mengisi formulir pendaftaran dengan data yang benar dan lengkap. Setelah itu berikan semua berkas yang dibutuhkan ke bagian loket STNK hilang.

  1. Pengambilan STNK

Cara terakhir setelah semuanya adalah pengambilan STNK yang bisa dilakukan setelah melakukan pembayaran sesuai ketentuan. Anda bisa menyesuaikan jenis STNK yang hilang untuk kendaraan motor atau mobil dan sejenisnya.

  1. Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Jika saat melakukan pengurusan STNK yang hilang status kendaraan adalah belum bayar pajak kendaraan bermotor, maka harus membayarnya dahulu. Proses pembuatan STNK akan dilanjutkan jika sudah melakukan pembayaran pajak. Terlebih jika keterlambatannya 2 tahun maka Anda perlu menyediakan biaya untuk pembayaran pajak.

Anda bisa memahami dengan mudah cara mengurus STNK hilang. Penting untuk hati-hati dalam menyimpan SNK karena razia bisa terjadi kapan saja. Apa lagi Anda yang melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan mobil. Periksalah juga kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan pastikan SIM tidak ketinggalan.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *