Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Memiliki mobil baru, apalagi jika itu adalah mobil impian yang telah lama ingin dimiliki, tentunya membuat Anda ingin menjaganya dengan baik dan sepenuh hati. Sebab, Anda pasti tidak ingin mengalami kerugian apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Salah satu cara untuk menjaga mobil Anda adalah dengan mengasuransikannya. Asuransi mobil dapat menjamin kendaraan Anda apabila suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkandan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Mencari perusahaan asuransi yang bagus dan terpercaya saat ini tidaklah sulit karena sudah banyak tersebar. Namun, jika Anda mencari asuransi mobil terbaik di Indonesia, MSIG bisa menjadi jawaban yang tepat. Pasalnya, MSIG memiliki banyak jenis asuransi mobil dengan manfaat yang beragam pula. 

Sebelum memilih produk asuransi kendaraan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis dari asuransi tersebut terlebih dahulu. Nah, apa sajakah jenis-jenis asuransi kendaraan? Simak ulasannya berikut:

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi ini memberikan jaminan penggantian penuh atas kerusakan dan/atau kerugian karena sebuah peristiwa yang dijamin di dalam polis pemegang asuransi. Akan tetapi, pertanggungan klaim yang diberikan hanya untuk mobil yang mengalami kerusakan dan/atau kerugian setara  75% atau lebih dari harga kendaraan. Asuransi ini juga bisa menanggung mobil yang hilang dicuri, namun harus sembari menyertakan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. 

  • Asuransi All-Risk

Asuransi All-Risk dapat dikatakan sebagai asuransi segala risiko. Pasalnya, jenis pertanggungan  ini dapat menjamin semua risiko ringan hingga berat yang terjadi pada mobil Anda. Misalnya saja lecet pada bodi, kerusakan karena kecelakaan, ataupun kehilangan mobil. Namun karena jaminan risiko yang ditanggung amat luas, harga premi asuransi ini cukup tinggi.

  • Liability Insurance

Asuransi ini dikenal juga sebagai asuransi pihak ketiga. Oleh karenanya, menurut situs Ahli Asuransi, liability insurance menjamin tanggung jawab hukum atas kerugian yang dialami pihak ketiga ketika terjadi sebuah kecelakaan yang diakibatkan oleh pemilik polis. Pihak ketiga adalah harta benda ataupun cidera badan yang timbul akibat kecelakaan tersebut. Cakupan asuransi ini adalah ganti rugi materiil ataupun pengobatan pihak ketiga.

  • Collision Coverage

Asuransi yang satu ini berkebalikan dengan liability insurance. Pasalnya asuransi satu ini memberikan pertanggungan kerguian atas kecelakaan mobil yang disebabkan oleh pengemudi sekaligus pemilik polis. Asuransi ini tidak hanya dapat membiayai perbaikan kerusakan mobil, namun juga bisa memberi ganti rugi yang sesuai dengan harga mobil Anda yang mengalami kecelakaan karena Anda sendiri. 

Itulah beberapa jenis dari asuransi mobil yang dapat Anda pertimbangkan untuk dipilih. Jangan lupa untuk memperhatikan dengan baik dan cermat layanan-layanan yang ditawarkan agar tidak salah pilih. Semoga bermanfaat!

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *