Kenali Gejala Difteri yang Muncul pada Orang Dewasa

Difteri bila tidak terobati dapat mengakibatkan terjadinya infeksi. Penyakit ini disebabkan oleh bateri yang menyerang tubuh. Bukan hanya anak-anak saja yang dapat terserang penyakit ini, namun orang dewasapun juga dapat terserang. Terdapat gejala-gejalan yang dapat dikenali. Berikut gejala difteri yang dapat dikenali jika muncul pada orang dewasa:

  1. Sakit Tenggorokan

Gejala yang muncul dari penyakit penyakit difteri pada orang dewas juga mengalami sakit tenggorokan. Saki tenggorokan yang terjadi pada orang dewasa ini adalah terjadinya peradangan yang terjadi pada selaput lendir pada area sekitar tenggorokan dan juga rongga mulut. Gejala pada difteri agak terlalu sussah dibedakan dengan sakit tenggorokan biasanya.

Sakit tenggorokan yang terjadi pada penyakit difteri disebabkan oleh terinfeksinya tenggorokan oleh bakteri Coynebacterium Diphtheriae. Bakteri tersebut menular melalui bersin, ingus, dahak dan juga lendir.

  1. Muncul Pseudomembram

Gejala dari penyakit difteri yang terjadi pada orang dewas juga ditandai dengan munculnya pseudomembran. Selaput tersebut muncul dengan warna putih dan abu-abu pada tenggorokan. Selaput ini terbentuk dari tumpukan sel yang telah mati dan juga rusak akibat dari toksin yang telah dihasilkan oleh bakteri penbawa difteri.

  1. Leher Bengkak

Bagi Anda orang dewasa, jangan menyepelekan bila leher Anda bengkak. Hal tersebut mungkin saja sebagai gejala dari penyakit difteri. Pembengkakan yang terjadi pada orang dewasa terjadi pada kelenjar limfa. Hal tersebut dapat diketahui dari pembengkakan pada bagian leher karena ukuran yang cukup besar pada leher tersebut.

  1. Demam Ringan

Gejala lain yang dapat dijadikan sebgaai indikasi penyakit difteri pada orang dewasa adalah demam ringan yang dialami oleh orang tersebut. Demam ini biasanya tidak terlalu tinggi suhunya. Namun terdapat beberapa orang yangmengalami demam yang sangat tinggi berkisar anatara 39 derajat Celcius.

  1. Tubuh Terasa Lemas dan Otot Terasa Nyeri

Otot-ot yang dimiliki oelh orang dewasa akan terasa nyeri bagai orang yang menderita penyakit difteri ini. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan penderita mengalami tubuh yang lemas dikarenakan terjadinya inflamasi pada jaringan otot sebagai penyebab dari rasa nyeri yang dirasakan orang dewasa tersebut.

  1. Sesak Nafas

Gejala difteri yang mucul selanjutnya pada orang dewasa adalah sesak nafas. Hal ini dikarenakan bakteri pembawa difentri yang sangat berbahaya juga menghasilkan racun atau toksin yang mempunyai nama ekstoksin. Racun tersebut dapat dengan mudah merusak beberapa sel-sel sehat pada tubuh Anda.

Awalnya, racun atau toksin tersebut merusak jaringan pernafasan bagian atas yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan dalam bernafas. Racun difteri tersebut bahkan dapat melumpuhkan otot diafragma yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan menarik dan juga mengeluarkan nafas.

Hal tersebut sangatlah berbahaya, bila terjadi dan tidak mendapatkankan penanganan dapat mengakibatkan penderita meninggal dunia. Jadi, bagi Anda yang mempunyai keluarga maupun kerabat yang mengalami gejala seperti ini segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

  1. Jantung Berdebar

Gejala lain dari penyakit difteri pada orang dewasa adalah mengalami jantung yang berdebar. Racun yang telah dikeluarkan oleh bakteri pembawa difentri tadi tidak hanya menyerang sistem pernafasan bagian atas saja. Namun akan terbawa darah yang dapat mengakibatkan organ-organ penting terserang racun tersebut misalnya jantung dan juga ginjal.

Masuknya racun difteri ke bagian organ jantung dapat menyebabkan gejala jantung yang berdebar-debar dengan detak jantung yang tidak beraturan. Kondisi tersebut bila tdak mendapatkan penanganan yang serius dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan otot jantung dan juga gagal jantung.

Bila Anda sudah mengenali gejala difentri di atas, Anda dapat melakukan bentuk pencegahan supaya Anda tidak mengalaminya. Difteri bagi banyak orang menganggap bahwa penyakit ini mengerikan, sehingga Anda harus mengetahui gejala-gejala yang terjadi terutama bagi orang dewasa.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *