Mengenal Fungsi dan Sistem Kerja Alarm Motor

Maraknya pencurian kendaraan bermotor yang terjadi akhir-akhir ini, memang mengharuskan kita untuk selalu waspada ketika meletakkan ataupun menggunakan kendaraan bermotor tersebut. Bagaimana cara untuk mengamankan keberadaan motor, tentunya telah dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor tersebut. Mulai dari mengunci kendaraan, memasang kunci pengaman ganda serta meletakkan kendaraan ditempat yang aman, menjadi solusi tersendiri yang biasanya banyak dilakukan oleh berbagai kalangan untuk menjaga keamanan kendaraan motor tersebut. Selain hal tersebut kini cara terbaru untuk mengamankan kendaraan bermotor telah dihadirkan sebagai solusi dalam terbaik bagi Anda, yaitu memasang alarm khusus pada motor Anda. Alarm motor  ini akan memberikan indikasi suara ketika orang tak dikenal, atau sesuatu terjadi pada kendaraan bermotor tersebut.

Berdasarkan pengertian kata didalamnya, alarm sendiri dapat didefinisikan sebagai bunyi ataupun suara yang dikeluarkan untuk memberikan peringatan kepada seseorang. Secara umum alarm khusus yang dipasang pada sebuah motor akan mengeluarkan sinyal bunyi ataupun cahaya, untuk memberitahukan kepada para pemilik motor, bahwa kendaraan yang mereka gunakan berada dalam kondisi yang bahaya, atau sedang menjadi incaran para pencuri kendaraan bermotor. Alat pemberi sinyal suara ataupun cahaya yang satu ini merupakan komponen tambahan, yang nantinya dapat Anda aplikasikan sendiri sebagai sebuah sistem pengamanan pada kendaraan bermotor yang Anda gunakan.

Alarm khusus motor ini, biasanya diletakkan pada bagian tengah, diantara kabel starter dan pengapian, karena memang memiliki sistem kerja berdasarkan sensor kabel tersebut. Jadi ketika alarm Anda setting dalam posisi hidup, dan starter pada motor dihidupkan, maka sensor pada alarm akan secara langsung mengeluarkan suara ataupun cahaya, sesuai dengan jenis alarm yang Anda pilih dan diaplikasikan pada kendaraan bermotor milik Anda. Meskipun memiliki fungsi penting dalam sistem pengamanan kendaraan bermotor, namun ketika memasang ataupun mengaplikasikan alarm ini, Anda juga perlu memperhatikan berbagai hal, agar nantinya alarm tersebut dapat berfungsi dengan optimal.

Berikut ini beberapa pertimbangan dan hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan pemasangan alarm motor, yang antara lain adalah:

  • Alarm tidak akan dianjurkan untuk dipasang pada kendaraan bermotor yang menggunakan sistem injeksi didalamnya, mengingat nantinya dalam pemasangan alarm ini akan melakukan pemutusan kabel antara starter dan pengapian. Pada sistem injeksi pemotongan kabel tersebut dapat merusak performa dari motor bertenaga injeksi.
  • Motor yang telah dilengkapi dengan sistem pengamanan ataupun kunci magnet, sebetulnya alarm dapat Anda pasangkan ataupun tidak, karena pada sistem ini, kunci telah dapat ditutup dengan bagian besi tertentu.

Berbagai jenis alarm khusus yang dapat Anda pasangkan pada motor Anda ini, memiliki sensor suara dan cahaya yang beragam, yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. untuk mendapatkan alarm khusus yang dapat Anda aplikasikan pada kendaraan bermotor yang Anda miliki, kini situs belanja online terpercaya di Indonesia pun menyediakan benda pengaman motor ini dengan harga yang relatif terjangkau.

Pada umumnya alarm motor akan dijual oleh situs belanja online, dengan kategori aksesoris motor, sehingga ketika Anda melakukan pembelian untuk alarm tersebut, pilihlah kategori aksesoris motor yang disajikan oleh pengelola situs belanja online. Pilihlah jenis alarm sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, dengan mempertimbangkan tingkat kecocokan alarm dengan jenis motor yang Anda miliki. Pasangkan alarm tersebut pada ahlinya, untuk menghindari kerusakan dan hal yang tidak diinginkan.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *