Penyebab Haid Tidak Lancar

Haid atau menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur, merupakan suatu kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, atau tidak terjadi sama sekali. Biasanya haid terjadi pada wanita dengan siklus 28-36 hari. Tetapi tiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda. Bila haid anda tidak lancar, maka anda harus melakukan tahapan dalam cara melancarkan haid yang alami.

Dengan beberapa cara dalam tahapan tersebut, maka haid anda akan lancar atau teratur kembali. Namun perlu anda ketahui bahwa siklus haid yang tidak lancar, disebabkan oleh berbagai macam faktor. Misalnya kecapean, stress, dan lain-lain. Tetapi bila anda mengalami haid yang tidak lancar secara terus menerus, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab utamanya.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Haid Menjadi Tidak Lancar

Berikut ini beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab mengapa haid anda tidak lancar atau tidak teratur. Berikut penjelasannya :

  • Menopouse

Untuk wanita yang sudah berusia sangat matang, biasanya akan mengalami menopouse. Untuk itu menjelang menopouse biasanya siklus haid menjadi tidak lancar. Hal itu dikarenakan oleh hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh, menjadi tidak teratur.

  • Kehamilan

Bila anda terlambat datang bulan atau haid, bisa jadi anda sedang hamil. Untuk memastikannya anda bisa menggunakan tespack, atau memeriksakan diri ke bidan/dokter kandungan. Kemudian dokter akan merekomendasikan test kehamilan atau USG.

  • Menggunakan alat kontrasepsi tertentu

Ada beberapa alat kontrasepsi yang membuat haid seorang wanita menjadi tidak teratur. Contohnya IUD atau spiral, dan juga pil KB. Yang dimana jenis alat kontrasepsi tersebut akan menyebabkan adanya flek, atau perubahan diantara siklus menstruasi.

  • Pola hidup yang dijalani sehari-hari

Penyebab lainnya dari haid yang tidak teratur adalah, pola hidup yang tidak sehat atau kurang baik. Misalnya ketika anda melakukan olahraga yang berlebihan, atau saat berat badan anda turun dengan drastis. Biasanya hal itu juga menjadi penyebab haid menjadi tidak lancar.

Untuk mengantisipasi haid yang tidak lancar atau tidak teratur, anda bisa membuat kalender haid untuk mengecek apakah haid anda sudah normal atau belum.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *