Seberapa Penting Makanan Sehat untuk Tubuh Anda?

Selama ini, makanan sehat identik dengan sayuran pahit dan makanan lain yang rasanya bisa dibilang tidak enak. Oleh sebab itulah tidak banyak orang yang mengonsumsi jenis makanan ini. Padahal, hal tersebut sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh karena mereka menyediakan berbagai zat yang dibutuhkan. Lalu, seberapa penting sih mengonsumsinya?

Apa Itu?

Mungkin Anda juga bertanya, sebenarnya jenis makanan yang menyehatkan itu apa sih? Apa saja yang tergolong di dalamnya? Makanan jenis ini adalah yang mengandung zat yang dibutuhkan tubuh dan memenuhi syarat kesehatan seperti higienis, bergizi dan berkecukupan. Tak harus makanan yang mahal, asal mengandung zat yang dibutuhkan tubuh, sudah cukup.

Jenis makanan ini adalah yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang cukup untuk tubuh. Selain itu, cara memasaknya juga harus diperhatikan sehingga zat-zat tersebut tak hilang dari dalamnya.

Apa Fungsi Mengonsumsinya?

Fungsi mengonsumsi makanan yang ada dalam kategori ini tentunya bukan hanya untuk menghilangkan rasa lapar saja, melainkan juga untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat yang bisa membangun sel tubuh, memperkuat daya tahan tubuh dan menjamin kelancaran segala proses yang terjadi di dalam tubuh.

Oleh sebab itulah ada baiknya semua makanan yang Anda konsumsi mengandung unsur penghasil tenaga, pembangun sel dan pengatur segala proses di dalam tubuh. Makanan yang bisa dijadikan sumber tenaga itu beberapa di antaranya adalah yang mengandung hidrat arang. Sedangkan yang mengandung zat pembangun juga banyak yang fungsinya juga sama.

Fungsi makanan yang mengandung zat pembangun ini adalah untuk pembentukan sel jaringan bar, pembentukan sel darah merah, sel darah putih, zat kekebalan tubuh atau antibody. Lalu, untuk yang mengandung zat pengatur juga sangat diperlukan meskipun jumlahnya hanya sedikit bila dibandingkan kebutuhan yang lain.

Ciri-Ciri

Makanan sehat tentunya memiliki ciri yang bisa Anda kenali. Beberapa ciri tersebut adalah makanan tersebut tidak banyak mengandung lemak hewani. Selain itu, makanan itu juga mengandung kadar garam dan MSG dalam jumlah yang sedikit. Makanan yang sehat juga pada umumnya mengandung serat yang tinggi.

Penggunaan bahan pengawet pada makanan jenis ini juga tak ada. Bilapun diolah menggunakan cara digoreng, penggunaan minyaknya pun hanya sedikit dan yang paling penting, makanan yang sehat itu haruslah mengandung zat yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak, mineral dan air.

Apa Saja Makanan yang Sehat dan Baik Dikonsumsi Setiap Hari?

Bila Anda bertanya apa saja jenis makanan yang sehat dan baik dikonsumsi setiap hari, jawabannya ada banyak. Beberapa di antaranya adalah buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry yang rendah kalori dan mengantung konsentrasi antioksidan dan serat dalam jumlah tinggi.

Selain itu, ada juga teh hijau yang bisa berfungsi sebagai zat antioksidan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Probiotik yang biasanya ditemukan dalam yoghurt juga sangat baik dikonsumsi karena bisa memperbaiki saluran cerna dan meningkatkan keseimbangan bakteri sehat di dalam usus. Ikan juga sebaiknya Anda konsumsi.

Ikan segar seperti tuna atau salon mengandung banyak asam omega 3 yang baik untuk mengurangi trigliserida, tekanan darah hingga proses inflamasi dalam tubuh. Meski cokelat termasuk makanan manis, ternyata cokelat juga baik dikonsumsi dan masuk dalam kategori makanan yang sehat karena mengandung antioksidan dan flavonoiddalam jumlah besar.

Nah, sudah tahukan seberapa penting sebenarnya mengonsumsi makanan sehat bagi tubuh? Kalau Anda adalah pekerja dan tak bisa menemukan makanan yang sehat dengan mudah, Anda bisa temukan di Lemonilo saja. Lemonilo adalah marketplace penyedia berbagai jenis makanan yang menyehatkan dan baik untuk tubuh.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *