Tips Menyiapkan Mpasi Pertama untuk Buah Hati Anda

Pemenuhan nutrisi yang cukup sangat diperlukan untuk bayi Anda. Selain menggunakan ASI, nutrisi tersebut juga dapat diperoleh dengan memberikannya Mpasi. Makanan pendamping ASI tersebut bagi bayi yang baru pertama kali akan diberikan, harus disiapkan sebaik mungkin. Berikut tips untuk menyiapkan makanan pendamping ASI untuk buah hati Anda.

  1. Pemberian Buah atau Bubur

Anda sebagai orang tua sebenarnya tidak ada aturan yang baku untuk memlih jenis makanan pendamping ASI yang baru pertama kali diberikana kepada sang bayi. Namun, anak atau bayi yang mempunyai berat badan normal alangkah baiknya diberikan buah terlebih dahulu untuk makanan pendamping ASI pertamanya.

Bila bayi tersebut memiliki berat yang kurang atau dapat dikatakan kurus, maka makanan pendamping ASI sebaiknya tidak dimulai dengan pemberian buah melainkan menggunakan bubur. Hal tersebut dikarenakan bayi yang makanan pendamping ASI-nya dimulai dengan pemberian buah biasanya akan sangat sulit untuk mengonsumsi bubur nantinya.

Hal yang perlu Anda ketahui bahwa dengan pemberian buah yang mempunyai kandungan fruktosa sebagai makanan pendamping ASI pertamanya akan dapat memengaruhi preferansi bayi terhadap rasa manis. Jadi, alangkah baiknya bila Anda memberikan buah yang tidak terlalu manis.

Jika makanan pendamping ASI pertamanya sudah didominasi oleh rasa manis, nantinya buah hati Anda akan menolak untuk mengonsumsi makanan yang tak terlalu manis. Maka dari itu, dalam pemilihan buah yang akan dikonsumsi oleh sang buah hari juga harus dipilih dengan benar.

  1. Menghindari Makanan Penambah Rasa

Anda sebagai orang tua juga sebaiknya tidak menambahkan gula, garam maupun zat tambahan lainnya pada menu mpasi untuk buah hati Anda sendiri. Rasa makanan yang diberikan untuk buah hati Anda harus hambar, dengan tekstur yang dimilikinya sangat lembut dan dapat terbuat dari bahan makanan yang tak menimbulkan alergi terhadap bayi.

  1. Nutrisi yang Dibutuhkan

Pada saat Anda menyiapkan menu makanan pendamping ASI, harus diperhatikan pemenuhan berbagai nutrisi yang snagat dibutuhkan untuk si kecil. Nutrisi yang harus diperhatikan betul tersebut antara lain karbohidrat dan lemak yang merupakan sumber energi bagi sang bayi. Selain itu juga terdapat protein hewani, vitamin, mineral dan zat besi.

Bila Anda menginginkan berat badan yang dimiliki oleh buah hati Anda meningkat dari sebelumnya dalam kondisi yang kurus, maka pemberian daging atau hati dapat dilakukan walaupun bayi yang Anda miliki baru menginjak usia 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan akan dapat langsung menaikkan berat badannya.

  1. Penggantian Menu Makanan

Pengantian dari menu makanan pendamping ASI sebaiknya tidak dilakukan dalam rentan waktu yang lama. Bila setelah beberapa hari buah hati Anda diberikan buah, maka makanan pendamping ASI selanjutnya dapat menggunakan bubur. Sebai contoh, pada minggu kedua, Anda ingin mengenalkan jenis sayur dan umbi dapat diperbolehkan.

Namun, sebaiknya Anda dalam memilih jenis sayur tersebut haruslah memilih 1 macam atau jenis saja. Hal tersebut juga berlaku untuk pemilihan umbi. Anda dapat memberikan makanan pendamping ASI dari bahan tersebut dalam jumlah yang bertahap selama tiga hari yang kemudian dapat diganti dengan menu makanan pendamping ASI yang lainnya.

  1. Jumlah Makanan Pendamping ASI

Anda yang akan memberikan makanan pendamping ASI bagi buah hati juga harus memperhatikan jumlahnya dengan tepat. Pemberian yang dapat dilakukan yakni dengan tahap awal diberikan sekitar 120 mililiter, kemudian untuk selanjutnya dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan minat bayi.

Demikian tips yang dapat digunakan oleh Anda sebagai orang tua dalam menyiapkan mpasi pertama untuk buah hati. Pemberian makanan pendamping ASI yang tepat juga dapat membantu untuk perkembangan sang buah hati. Semoga bermanfaat.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *