Untuk Alasan Kesehatan, Hindari Masukkan Jenis Makanan Ini ke Microwave

Sebagian besar orang pasti lebih suka menikmati makanan dalam keadaan hangat. Apalagi jika suhu udara sedang dingin dinginnya. Beberapa orang memiliki kebiasaan menggunakan microwave untuk memanaskan kembali atau memasak makanan.

Hal ini mengingatmicrowave dianggap sebagai piranti dapur yang aman. Namun, ada sejumlah jenis makanan yang sebaiknya tidak dimasak atau dipanaskan dengan microwave. Sebab, jika nekat dimasukkan microwave dapat berpengaruh pada kesehatan dan bahkan keselamatan.

Apa sajakah itu? Daging yang memiliki kandungan lemak yang tinggi memang terlihat sangat menggoda saat dimasak dengan microwave. Sebab, kandungan minyaknya berasal dari lemak yang terpanaskan.

Namun, lean meat atau daging yang sedikit kandungan lemaknya akan cenderung menjadi kering di microwave. Jika dimasak atau dipanaskan dengan microwave, seafood akan menjadi alot seperti karet. Seafood, seperti udang dan kerang, kalau tidak diberi saus bumbu dengan tepat bisa matang terlalu cepat dan alot di dalam microwave.

Pernahkah kamu menghangatkan pizza di dalam microwave, tetapi saat diambil pinggirannya malah garing? Inilah yang terjadi jika memanaskan roti, pizza, di microwave. Teksturnya akan rusak.

Mencairkan makanan beku di microwave juga bukanlah hal yang disarankan. Sebab, panasnya malah dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan membuat makanan beku cepat busuk jika tidak segera dimasak. Cara terbaik untuk mencairkan makanan beku adalah men defrost kannya di kulkas semalaman.

Ada resep egg in a mug atau telur dalam muk yang terlihat lezat dan menggoda. Namun, jangan pernah mencoba memasukkan telur mentah ke dalam microwave. Sebab, temperatur tinggi akan membuat telur meletus.

Rasa telur yang dimasak di microwave juga tidak semaksimal saat dimasak di wajan/teflon. Steak sebaiknya tidak dimasak di microwave. Sebab, panas microwave tidak merata, sehingga bakteri yang ada di permukaan daging akan berkembang dan membuatnya cepat busuk.

Selain itu, ada bahaya kebakaran yang bisa terpicu jika Anda berupaya untuk meratakan panas pada permukaan daging cepat cepat. Sebaiknya, masaklah daging steak dengan alat masak yang memampukannya berkontak langsung dengan permukaan panas atau dekat dengan api sungguhan. Sehingga bisa mengeluarkan rasa dan aroma steak yang lezat.

Sementara, microwave tidak dapat melakukannya.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *