Wahai Ibu Hamil, Konsumsi 5 Jenis Mineral dan Vitamin Berikut Wajib Hukumnya

Ketika memasuki masa kehamilan, maka ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Nutrisi dan multivitamin itulah yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, karena hal ini menyangkut tumbuh dan kembangnya bayi yang ada di kandungannya. Multivitamin dan nutrisi yang terpenuhi dengan baik, maka bayi yang dilahirkan juga lebih cerdas dan sehat.

Berikut ini yang dibutuhkan ibu hamil yaitu: 

  • Asam Folat

Salah satu nutrisi dan multivitamin yang dapat mencegah adanya NTB atau Neural Tube Defect yaitu asam folat. NTB dapat terjadi apabila ibu hamil kekurangan asam folat. Kegunaan asam folat yaitu untuk melakukan pencegahan cacat di bagian sistem saraf bayi. Asam folat bisa didapatkan dari multivitamin atau bisa juga dari sayuran seperti sayuran hijau, gandum, sereal, jeruk ataupun kacang-kacangan.

  • Kalsium dan vitamin D

Ibu hamil maupun ibu menyusui disarankan supaya mengkonsumsi vitamin D sebanyak 10 mg dan kalsium sebanyak 1000 mg setiap harinya. Untuk vitamin D dan juga kalsium tersebut berperan untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Demi menunjang pertumbuhan tulang bayi maka ibu hamil harus memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D secara sempurna.

  • Zat Besi

Zat besi digunakan sebagai pembentukan sel-sel darah merah. Sementara untuk sel darah merah inilah yang nantinya akan membawa oksigen pada seluruh tubuh, termasuk bayi yang ada di dalam kandungannya. Apabila seorang ibu hamil kekurangan zat besi mengalami anemia yang lebih tinggi, bahkan hal ini juga bisa menyebabkan bayi mengalami lahir prematur atau memiliki berat badan yang kurang.

  • Vitamin C

Ada banyak sumber vitamin C yang bisa didapatkan dari buah maupun sayuran. Vitamin C ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya.

Supaya memudahkan Anda dalam mencari sumber informasi seputar suplemen dan multivitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil, maka Anda bisa mencari informasinya di guesehat.com. Selain informasi beberapa suplemen, maka Anda pun juga bisa berkonsultasi kepada dokter secara langsung secara online.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *