Yuk, Intip 10 Cara Mengganti Senar Gitar Akustik dengan Mudah!

sumber : Shopee

Baik untuk seorang pemula atau mahir memainkan gitar khususnya untuk gitar akustik Yamaha, belajar mengganti senar gitar adalah keterampilan yang sangat penting. Gitar akustik yamaha memang sangat perlu diganti senarnya karena berpengaruh untuk memastikan kualitas suara. Sebelum memainkan gitar atau mengiringi lagu, pastikan senar gitar kamu berada di kondisi yang bagus. Mau tau bagaimana cara mengganti senar? Yuk, langsung saja simak beberapa cara untuk mengganti senar gitar akustik yamaha berikut ini.

  • Pastikan gitar berada di posisi yang stabil

Gunakan penahan leher gitar sambil meletakan senar di atasnya, bagi kamu yang tidak memiliki alat penahan gitar letakan saja gitar secara perlahan di pangkuanmu sambil mengendurkan senarnya

  • Cari tempat yang bersih dan tenang untuk mengganti senar kamu

Tempat yang bersih dan tenang berguna untuk menggantinya lebih mudah serta dapat mencari melodi dengan lebih mudah dan tidak ada yang mengganggu dari suara bising.

  • Siapkan perlengkapan

Saat mengganti senar gitar perlengkapan yang kamu butuhkan ialah penala gitar, pemotong kawat, senar baru dan penggulung senar. Bagi kamu yang sudah mahir mengganti senar, sudah tidak memerlukan penala gitar karena sudah paham dalam menentukan nada yang pas dengan hanya mendengar saja.

  • Ambil senar baru

Untuk gitar akustik Yamaha, masukkan senarnya melalui bagian ujung bodinya. Sementara untuk gitar Fender kamu dapat memasukkannya ke rongga tremolo.

  • Ambil gitar dan kendorkan senar dengan memutar kunci stem

Kendorkan senar dengan memutar kunci stem serta rasakan setiap senar yang mengendur. Setelah sudah kendur, lepaskan senar lalu singkirkan.

  • Lepaskan pin senar dari tempatnya

Untuk melepas pin tersebut kamu harus menggunakan ujung dari alat penggulung senar. Ketika pin sudah dilepas, kamu dapat mencabut senar dari badan gitar. Amankan bagian yang menonjol dari pin di area bawahnya untuk menjaga kualitas nada yang akan dihasilkan. Jangan biarkan bagian ini berada di atas atau senar dapat kendur sendiri akan membuat kualitas suara menjadi jelek.

  • Masukan senar dan pin ke dalam penahan lubang nomor 6E

Masukan senar dan pin bersamaan ke dalam lubang gitar, lalu tarik dengan tangan dalam bersamaan.

  • Masukan ujung senar ke dalam lubang tuning post

Kencangkan senar dengan menarik sepanjang 8 cm dari tuning post. Senar harus dipasang sejajar, setelah sejajar potong senar dengan ukuran 5 cm dari tuningnya. Hal ini berguna agar senar bisa dililitkan di dalam lubang tuning post.

  • Gulung senar dengan menggunakan kunci stem

Kencangkan senar dengan kunci stem di lokasi senar yang kamu pasang, tapi tidak perlu menala dulu. Cukup kencangkan senarnya saja untuk memastikan kamu bahwa senar dipasang dengan benar.

  • Kencangkan senar

Pada umumnya, urutan memasang senar yang benar adalah 5A, 4D, 3G, 2B, 1E.

  • Atur senar gitar kamu dengan benar

Sebagian besar para pemula perlu menala senar dengan beberapa kali menggunakan alat penala. Bagi kamu yang mengalami kesulitan, sebaiknya konsultasikan kepada toko musik terdekat.

  • Potong senar yang masih tersisa dengan tang kawat

Senar yang masih tersisa membuat tangan si pengguna gitar akan terluka dan menyulitkan kamu untuk memetiknya. Potonglah senar itu agar tangan kamu bisa bergerak dengan leluasa.

Bagaimana sobat, mudah bukan untuk mengganti senar gitar akustik Yamaha tanpa ribet? Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi kamu!

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *